Finding Music

 

     Pernah suka sama lagu tertentu? Tapi sampai sekarang masih belum bisa dengerin lagi lagunya? Nah, saya pernah merasakannya beberapa kali. Sesekali butuh usaha untuk menemukan sebuah lagu yang disukai. Yowes, this is my stories. Check it out! 🙂 

     Dulu waktu SMP, tepatnya tahun 2002, saya sering sekali dengerin radio. Gak cuma di rumah, di jemputan juga dengerin radio dengan gelombang yang sama, yaitu 101.6 FM. Dulu namanya MTV On Sky diganti jadi MTV Sky terus sekarang jadi TRAX FM dengan frekuensi 101.4 FM. MTV On Sky yang beralamat di JL. MH Thamrin No. 11 itu memang bagus, lagu sama infonya update terus, ciri khas banget sampai sekarang 80% lagu sama info yang dikasih tau pasti tentang dunia luar, cocok lah sama jiwa anak muda yang kewesternwestern-an hahaha

      Nah, biasanya nih kalau udah denger satu lagu yang diputerin di radio, terus ngerasa suka, pasti bingung mau cari mp3 atau lirik nya dimana. Mau beli kaset (jaman dulu belum ada CD), rasanya sayang beli kasetnya tapi cuma suka sama single-nya aja atau satu lagu doang. Kecuali kalau suka sama semua lagu yang ada di album atau emang ngefans berat sama bandnya, baru deh berani ke Disc Tarra, itu juga mesti nabung dulu. Gak gampang rasanya ngemis-ngemis minta beliin kaset ke orang tua. Lagipula lumayan juga bisa nguras uang jajan untuk ukuran anak SMP. Alhasil, saya hanya bisa menikmati musiknya dengan cari-cari kode ringtone di handphone jadul yang cuma terdengar musiknya aja tapi suara penyanyinya ga ada karena cuma pakai kode di hp, kayak lagi cari kunci di pianika gitu, hmm -.-  Sedihnya..

     Kalau ga gitu, cari lirik lagu kesukaan di majalah Gadis, itu juga kalau ada di bagian rubrik lirik. Banter-banter beli majalah musik yang isinya lagu-lagu dengan lirik dan kunci untuk para pemain gitar atau piano. Sadisnya lagi, kalau ga bisa itu semua, saya hanya bisa menunggu sampai si penyiar  muterin lagu kesukaan saya itu di lain segmen. Oh dear..

     Terkadang saya sampai gak tau lagu kesukaan saya itu judulnya apa, siapa penyanyinya, gimana wujud videoclip-nya kalau ditayangi di MTV. Udah usaha terus pantengin tuh MTV Indonesia sampai bosen disapa sama dengan sapaan “Hai, anak nongkrong!” hahaha Masih ngerasa aneh aja gitu sampai sekarang, kenapa bisa ya sebutan untuk para penonton MTV tuh anak nongkrong? Padahal kita nonton tv tuh gak pake nongkrong kan ya? ;p Siapa itu pencetusnya ya? Kreatifnya gak ketolongan, hehehe ;D

     Ada beberapa lagu yang membuat saya suka banget sampai berusaha mencari lagu itu dengan perjuangan dan penantian yang cukup lama. Hahaa too much!  Bagi si penikmat musik dengan kapasitas dan fasilitas yang sangat sederhana seperti saya ini merasa bersyukur sekali di dunia ini Allah menciptakan manusia-manusia brilliant sehingga bisa terwujud dunia maya yang begitu indah. Apalagi hadirnya Mr. Google, si bapak penyelamat bagi berjuta-juta ribu manusia di dunia. Bisa nanya dan dapet jawaban dengan cepat dan kapan aja. Dulu gak ada tuh kayak gitu. Palingan nanya temen, kadang mereka juga gak tau judul/penyanyi lagu yang saya cari. Sekarang udah ada Youtube, lebih indah lagi rasanya bisa lihat penyanyi, videoclip, music, animation, kord, dengan lyric-nya. Complete lah pokoknya!

      Cukup jarang MTV On Sky muterin lagu-lagu Indonesia. Sampai suatu ketika, saya lagi galau gara-gara cuaca saat pulang sekolah begitu mendung lalu berlanjut hujan besar sehingga suasana menjadi mendayu-dayu di jemputan. Apalagi dengan macetnya jalanan Kalimalang saat sore itu membuat para penumpang jemputan jadi hening. Jarang ada yang berani ngobrol atau bahkan tertawa terbahak-bahak seperti biasanya. Obrolan kilat dan geludug lebih ramai terdengar di langit ketimbang obrolan para siswa SMP yang cuma ngobrolin kabar gebetannya atau ngecengin bareng temen satu jemputan.

     Dulu sekolah saya masuknya siang, dan pulangnya sore, karena gedung sekolah yang lagi direhab besar-besaran jadi numpang deh di SD dekat Universitas Borobudur. Salah satu penyiar on sky, si Bhekti ‘FBI’ tiba-tiba muterin sebuah lagu yang pas banget sama moment kala itu. Entah apa judul lagu dan siapa pemain bandnya, yang saya tau hanya sepenggal lirik reff-nya seperti ini “awan hitam.. takkan pernah kan mengerti arti cinta.. aku hanya ingin memendam rasa itu di tidurku, di hidupku”.

     Yup, berhasillah ini lagu buat saya galau saat itu. Liriknya ga semua bisa saya denger jelas karena ramainya suara geludug dan kilat bersautan. Hanya reff nya aja yang terngiang-ngiang terus sampai di rumah. Coba cari di majalah Gadis susah banget nemuin ini siapa penyanyi/pemain band nya, nungguin buat diputer lagi di radio rasanya lamaaa sekali. Coba dengerin Mustang dengan harapan, ini radio kan background musiknya Indo semua tuh, jadi mungkin lebih cocok buat tempat penantian saya dengerin itu lagu. hahaa Hasilnya? NIHIL!

     Sampai saya mulai masuk SMA pun, saya cuma bisa dengerin itu lagu sekali doang itu juga di i-radio. Secara gak sengaja karena udah lama cari dan pas dengerin lagi tiba-tiba jadi demam buat nyari itu mp3. Lumayan lah buat ada di playlist handphone. Coba tanya sama temen-temen yang ahli mencari mp3, cowok biasanya nih yang rajin nyari-nyari musik, tapi mereka juga gak bisa bantu banyak buat nemuin mp3 dengan bermodalkan sepenggal lirik yang saya kasih tau ke mereka cuma clue nya aja. Alhasil, saya pasrah sejenak. 

     Setelah SMA dan saya mengenal dunia internet, coba-cobalah saya cari di Google. Alhamdulillah diberi petunjuk, walaupun hanya baru dikasih tau pemain band dan liriknya aja. Silver Band – Awan Hitam. Penantian 3 tahun berbuah sedikit manis disini. Saya belum puas dengan cuma menemukan itu saja. Saya tetap berusaha cari mp3 nya ke berbagai situs musik tapi ga ada sama sekali muncul. Sampai akhirnya, saat saya kuliah semester 4 tahun 2010, saya coba mencarinya LAGI di 4shared.com dengan penuh harap ada user account di 4shared yang mau meng-upload lagu ini. Ternyata.. i founded it!  Penantian selama 8 tahun untuk sebuah musik yang berarti itu rasanya… bisa ditebak sendiri ya 🙂  hehehe

*****

     Ini berbeda dengan kisah mp3 yang tadi. Gak perlu sampai menunggu 8 tahun buat dapetin mp3 nya. Cukup dengan pengorbanan memberanikan diri untuk bertanya sama kakak senior cowok di SMP yang kupingnya selalu disumbat headset, kemana-mana bawa mp3 player, dan hpnya penuh dengan playlist lagu-lagu terbaru. Sudah dapat dipastikan dia tau apa yang saya cari ahahaha. Counting Crows feat Vanessa Carlton Big Yellow Taxi  dan Phantom Planet – California Itu lagu sering banget diputerin di On Sky. Cuma nanya sekali aja sama kakak senior SMP itu, dia pasti langsung tau. Mudahnya~

*****

     Lagu yang udah lama juga saya cari dari tahun 2008 sampai 2011. Ceritanya gini, suatu hari saya lupa bawa buku paket PAI (Pendidikan Agama Islam) padahal hari itu guru nya lagi mau ngcek kelengkapan buku muridnya. Saya berpikir aja untuk pinjam ke perpustakaan sekolah. Setelah dapat bukunya, pelajaran pun dimulai dan saya merasa bosan dengan suasana pembelajaran yang begitu monoton. Akhirnya saya lihat-lihat aja bagian belakang halaman buku paket tersebut. Tanpa sengaja saya lihat ada serangkaian angka berderet, yup ini sebuah nomor hp. Nomornya cantik lagi. Entah mengapa saya malah jadi penasaran dan timbul rasa isengnya. Saya coba aja telpon ke nomor itu dengan maksud menanyakan apakah buku ini miliknya? Kenapa bisa ada nomornya tertulis di buku perpustakaan? Hmm.. *isengyanganeh*

      Ketika saya menelpon nomor itu, ternyata pemiliknya menggunakan paket i-ring di kartuHALO nya. Zaman dulu operator seluler yang pertama ada layanan i-ring itu punyanya kartuHALO atau Telkomsel, jadi buat para pengguna Mentari masih kudu bersabar dengan nada tunggu berbunyi “tut tuut tut tuut tuuut..” (ini i-ring atau bunyi kereta ya?) I-ring yang dia pakai saat itu saya pastikan miliknya Coldplay – Clocks. Karena saya juga penggemar band asal Inggris ini jadi dapat ditebak i-ring nya. Hal itu yang membuat saya semakin penasaran.

     Beberapa hari kemudian, saya coba telpon kembali, iseng maksudnya hehehe (ini sebenarnya saya malu juga ngetiknya -.- mudah-mudahan orangnya ga baca tulisan ini). i-ring nya tiba-tiba berubah. Saya mencoba menangkap salah satu lirik dalam i-ring itu, kali aja saya bisa menebak siapa pemilik lagunya. Saat itu saya kurang update lagu-lagu luar, gara-gara kerepotan  adaptasi sama dunia SMA yang berbeda sekali atmosfernya ketika saya masih di SMP. Alhasil, saya hanya bisa dapatkan sepotong liriknya “you’re gonna be the one that saves me..”

     Nah lho, lagu siapa ini ya? beat nya enak juga didengar. Hmm saya coba tanyakan ke beberapa teman saya, mereka gak ada yang tau. Sampai pada tingkat penasaran yang tinggi, saya telpon lagi dan saya rekam saja i-ring nya di handphone dengan menggunakan fasilitas recorder . Masih ingat sekali dulu pakai Nokia 8310 hahaha. HP terimut yang pernah saya punya dan sangat banyak memberikan kenangan manis 🙂

Image

 

     Saya dan si pemilik nomor cantik itu kini berteman baik. Sampai saat saya menulis postingan ini, kami hanya diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu sebanyak 3 kali. Terakhir kami chatting YM bersama. Sampai pada akhir kami berkomunikasi, saya gak berani bertanya tentang i-ring nya itu. Pada tahun 2011, saya pergi ke Perpustakaan Daerah DKI Jakarta di Kuningan, saat itu saya sedang sholat di musholla. Ruang sholat tersebut berada di bagian pojok dan bersampingan dengan sebuah ruangan yang pintunya bertempel stiker Audiotorium. Tiba-tiba dari dalam ruangan itu terdengar musik yang dapat saya terka kalau itu adalah lagu yang selama ini saya cari. Niatnya sih mau tanya sama orang yang berada di dalam ruangan, tapi gak berani karena saat itu perpus lagi sepi banget. Alhasil saya coba dekati ruangan itu dan saya menangkap banyak lirik yang ada di dalam lagu. Untungnya, lagu itu diputar terus menerus tanpa berganti lagu. Saya rasa orang didalam juga menyukai lagu itu. Tanpa berpikir panjang, langsung aja saya googling dan dapat lah OASIS – Wonderwall.

*****

      Lagu berikutnya masih di jaman SMA kelas X juga, tahun 2005. Ketika saya lagi pergi bersama keluarga ke daerah Puncak Jawa Barat, dari suara radio mobil terdengar suara penyanyi yang cukup bagus dan halus. Lirik awalnya lucu dan ada unsur musik orchestra nya, saya jadi makin suka. Langsung saja saya hafalin lirik lagu tersebut dan mencoba mencarinya di internet hp tapi gak dapat info sedikit pun. Sampai akhirnya pada akhir tahun 2005 saya dapat men-download dengan lancar mp3 lagu ini, Bram – Makna Cinta.

*****

     Tahun 2006, teman sebangku saya pernah bertanya tentang sebuah lagu yang dari dulu dia cari-cari tapi masih belum nemu siapa penyanyinya. Dia suka sekali sama lagu itu karena dia juga cuma sesekali saja dengar lagu nya di radio. Hanya lagu itu yang bisa buat dia galau di kamar sendirian, katanya sih. Saya coba untuk membantu mencari mp3 nya. Teman saya itu hanya memberi saya sepotong lirik seperti ini “dahulu ku rindu dahulu, ku rindukan dahulu”. Ya, bagaimana ini saya carinya kalau cuma segitu aja liriknya L tapi saya gak mau putus asa buat nemuin itu lagu karena saya merasakan hal yang sama dengan dia, yaitu saat kita kepengen sekali bisa dengerin lagu yang kita suka tapi gak tau siapa penyanyinya. Dua bulan kemudian, saya berhasil menemukan mp3 kesukaannya Mary Jane – Dahulu dan langsung bluetooth ke hpnya. Setelah itu, dia malah memberitahu saya lagu yang dia lagi suka Eri – Menangis Untuk Tersenyum.

      Dua lagu ini emang serasi sekali dan mengandung tingkatan emosi yang sangat tinggi bagi para orang yang bersedih hati. Memang perasaan kami saat itu lagi sedih jadi kami berdua malah jadi sering dengerin kedua lagu itu saat belajar di kelas tepatnya hari Jumat. Dengan menggunakan headset yang ditutupi kerudung, kami asik aja berdua dengerinnya sambil nulis catatan dari papan tulis yang dikasih oleh guru. Bukannya belajar malah dengerin mp3 sedih ckckck. Kelakukan anak SMA tuh banyak banget rupanya, tapi itu wajar. Kalau lurus-lurus aja, rasanya gak berwarna hehehe  Jadi ketawa kalau diinget.

Leave a comment