Selipan Ilmu

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

TENTANG MASALAH SOSIAL MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING

TIPE INSIDE – OUTSIDE CIRCLE (IOC) DI KELAS IV

SDN CIPINANG MELAYU 12 PETANG

JAKARTA TIMUR

 

 

Nurul Ismi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

E-mail: menurulismi@yahoo.com

 

 

Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Cipinang Melayu 12 Petang pada materi Masalah Sosial dengan menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle. Penelitian dilaksanakan di SDN Cipinang Melayu 12 Petang yang beralamat di Jalan Kartika Eka Paksi KPAD Jatiwaringin, Jakarta Timur. Waktu penelitian dilaksanakan selama tiga bulan sejak bulan Maret sampai dengan Mei 2012 pada semester II tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.

Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh data dari proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe IOC. Pada hasil belajar IPS ranah kognitif memperoleh prosentase sebesar 62,50% meningkat menjadi 100% di siklus II. Hasil belajar IPS aspek afektif mengalami kenaikan sebesar 69,56% menjadi 88,18% di siklus II. Hasil belajar aspek psikomotor sejumlah 68,25% pada siklus I menjadi 83,50% di siklus II. Prosentase aktivitas guru pada siklus I dan siklus II mencapai 63,75% menjadi 92,5%. Prosentase aktivitas siswa kenaikan sejumlah 66,25% menjadi 96,25%.

Implikasi dari penelitian ini adalah metode Cooperative Learning tipe IOC dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: Cooperative Learning, Inside-Outside Circle, Hasil Belajar IPS

 

Leave a comment